10 Jembatan Paling Indah di Dunia yang Pemandangannya Epic

Foto Python Bridge, Amsterdam

Jembatan adalah konstruksi yang menghubungkan satu sisi jalan dengan sisi lainnya. Tak hanya berfungsi sebagai penghubung, jembatan juga bisa menjadi landmark atau ikon suatu wilayah. Jembatan yang indah mampu menarik banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang ke sana untuk melewatinya dan menikmati keindahan yang ditawarkannya, baik itu keindahan arsitektural maupun keindahan alamnya.

Kami akan ajak kalian semua berjalan-jalan menikmati sepuluh jembatan paling spektakuler di dunia ini.

1. Brooklyn Bridge, New York

Foto Brooklyn Bridge

Salah satu pemandangan paling terkenal di Kota New York, Jembatan Brooklyn alias Brooklyn Bridge sudah berdiri sejak tahun 1800-an. Menara-menara Gothic yang menjulang tinggi, kabel-kabel baja yang saling bersilangan, dan struktur lengkung gandanya yang megah membuat kegiatan berjalan atau bersepeda melintasi jembatan ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Membentang hampir sepanjang 1.830 meter, sekitar 100.000 mobil melintasi jembatan ini setiap harinya. Entah Anda ingin pergi ke pertokoan Brooklyn atau sekedar ingin menikmati keindahan atau cakrawala Manhattan yang berkilauan, pastikan Anda melewati struktur jalan raya pertama yang menghubungkan Manhattan dan Brooklyn ini.

2. Sydney Harbour Bridge, Australia

Foto Sydney Harbour Bridge

Sebagai salah satu landmark paling ikonik di dunia, Sydney Harbour Bridge adalah jembatan lengkung baja terbesar di dunia. Resmi dibuka pada tahun 1932, dibutuhkan 1.400 pekerja dan delapan tahun untuk membangun struktur masif ini yang dikenal di kalangan penduduk setempat sebagai Coathanger. Saat ini, jembatan ini adalah latar belakang salah satu pertunjukan kembang api Malam Tahun Baru terbesar di dunia. Para pecandu adrenalin dapat naik ke puncaknya sebagai bagian dari Sydney Harbour BridgeClimb. Di puncak, peserta bisa menikmati salah satu panorama kota terbaik.

3. Golden Gate Bridge, San Francisco

Foto Golden Gate Bridge

Salah satu jembatan terindah di dunia, Golden Gate Bridge wajib dikunjungi turis. Membentang sejauh 1,7 mil dari selat Golden Gate ke tanjung Marin, rentang suspensi tunggalnya ditambatkan pada dua menara yang tingginya mencapai 227 meter -dulu pernah menjadi bangunan tertinggi di San Francisco. Sejak dibuka pada tahun 1937, sekitar 10.000 galon cat digunakan setiap tahun untuk menjaga agar jembatan ini tetap terlihat cantik. Salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan jembatan ini adalah mengayuh sepeda sewaan melewati jalur pesisirnya.

4. Bixby Bridge, California

Foto Bixby Bridge

Meskipun tanah longsor pada bulan Februari lalu mengakibatkan Big Sur tidak dapat diakses oleh mobil, jembatan ini masih bisa menyediakan jalan pintas. Terletak di California, Bixby Bridge adalah salah satu spot yang paling banyak difoto di dunia. Anda juga akan mengenalinya dari berbagai serial televisi, termasuk drama Amerika terbaru Big Little Lies. Berhentilah di berbagai titiknya untuk melihat pemandangan yang menakjubkan.

5. Python Bridge, Amsterdam

Foto Python Bridge, Amsterdam

Salah satu struktur yang paling tidak biasa di Eropa, bentuk Python Bridge yang menyerupai ular merah ini menghubungkan Sporenburg dengan Borneo Island. Jembatan ini meraih International Footbridge Award pada tahun 2002, hanya setahun setelah dibangun. Tak bisa dipungkiri memang bahwa Python Bridge merupakan salah satu jembatan terindah di dunia. Tetapi berhati-hatilah: melintasi jalan jembatan yang bergelombang ini dalam cuaca buruk harus dilakukan dengan ekstra hati-hati.

6. Helix Bridge, Singapura

Foto Helix Bridge, Singapura

Mahakarya arsitektural yang luar biasa di Marina Bay Singapura ini adalah jembatan heliks ganda melengkung pertama di dunia yang menciptakan koneksi langsung antara Marina Center dengan Marina South. Terinspirasi oleh susunan geometris DNA, jalan setapaknya dikelilingi oleh struktur heliks ganda dari baja tahan karat. Pada malam hari, jembatan ini diterangi lampu indah dan ada empat spot khusus untuk viewing yang menjulur di atas perairan, sehingga Anda dapat menikmati pemandangan 360 derajat dari garis langit yang berkilauan.

7. Ponte Vecchio, Florence

Foto Ponte Vecchio, Florence

Jembatan tertua Florence ini mencakup titik tersempit dari Sungai Arno dan bentuknya tidak benar-benar menyerupai jembatan karena banyak toko yang menggantung di sepanjang jalannya yang eksotis. Berasal dari tahun 1345, banjir hampir menghancurkan Ponte Vecchio pada tahun 1966 dan banyak pemilik toko yakin bahwa air akan menyapu bersih mata pencaharian mereka, tetapi jembatan ini ternyata mampu bertahan dan kilau toko perhiasan masih menarik pembeli dari seluruh dunia sampai saat ini.

8. Kintai Bridge, Jepang

Foto Kintai Bridge

Jembatan lengkung kayu bersejarah ini dibangun pada tahun 1673 dan melintasi Sungai Nishiki. Kintai Bridge menawarkan panorama yang luar biasa di kaki Gunung Yokohama, yang diatapi oleh Kastil Iwakuni yang terkenal. Rangkaian lima lengkungan kayunya menginspirasi nama Kintai, yang berarti ‘selempang brokat emas.’ Ingin tahu kapan waktu terbaik untuk mengujunginya? Datanglah selama musim bunga sakura untuk melihat jembatan yang dikelilingi oleh pohon-pohon berbunga merah muda yang indah.

9. The Rialto Bridge, Venesia

Foto The Rialto Bridge

Selama hampir 300 tahun, jembatan Venesia ini menjadi satu-satunya jalan untuk menyeberangi Grand Canal dengan berjalan kaki. Menghubungkan distrik San Polo dan San Marco, ini adalah jembatan tertua dari empat jembatan yang membentang di kanal dan banyak seniman terkenal mengajukan desain unik mereka. Desainer Antonio da Ponte adalah yang beruntung mendapatkan tawaran itu dan dia membangun jembatan ini dari marmer. Saat ini, The Rialto Bridge menjadi salah satu tempat wisata paling banyak dikunjungi di Venesia.

10. Langkawi Sky Bridge, Malaysia

Foto Langkawi Sky Bridge

Jembatan melengkung dengan bentangan bebas terpanjang di dunia, struktur futuristik ini dapat menampung 250 orang sekaligus. Selesai dibangun pada tahun 2004, Langkawi Sky Bridge menggantung 701 meter di atas permukaan laut, memberikan pemandangan hutan rimbun yang menakjubkan. Struktur ini digantung dengan tiang tunggal setinggi 82 meter, berayun di atas pemandangan yang indah di bawah. Kunjungi pada hari yang mendung dan Anda seolah akan berada di antara awan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*