10 Film Terakhir Stephen Chow Sebagai Aktor Komedi-Laga

Nama Stephen Chow begitu familiar di industri perfilman Asia, terutama di era 80-an dan 90-an karena dia mampu membawakan setiap peran uniknya dengan sempurna. Selama bertahun-tahun, pria kelahiran Hong Kong, 22 Juni 1962 ini telah menghiasi banyak film berbau komedi dan action. Chow juga telah mengorbitkan banyak aktris cantik Asia melalui film-filmnya dan mereka semua dijuluki sebagai “Gadis Sing.” Sing adalah nama karakter yang sering dipakai Chow di film-filmnya.

Stephen Chow

Stephen Chow kini lebih sering duduk di belakang layar sebagai sutradara, produser, penulis skenario, koreografer, dan bahkan komposer. Dia terakhir kali berakting di tahun 2008 silam. Banyak tawaran menarik untuk berakting yang sudah ditolaknya setelah sukses besar dengan Shaolin Soccer dan Kung Fu Hustle. Chow sekarang juga menjadi seorang politisi.

Nah kalau kalian ngefans Stephen Chow dan kangen dengan film-filmnya, berikut adalah 10 judul film terakhir yang dibintanginya.

1. Forbidden City Cop

Forbidden City Cop

Film wuxia komedi yang dirilis pada tahun 1996 ini menampilkan Stephen Chow bersama Carina Lau dan Carman Lee. Di sini dia berperan sebagai Ling Ling-Fat, satu dari empat bodyguard elit Kekaisaran China yang alih-alih berlatih beladiri dia justru lebih tertarik untuk menciptakan penemuan-penemuan aneh seperti meriam yang bisa ditembakkan dari mulut, pisau helikopter, dan magnet. Di samping itu, Ling-Fat juga belajar Ginekologi dan menghabiskan banyak waktu dengan istri tercintanya, Ling Ka-ting.

2. The God of Cookery

The God of Cookery

Ini merupakan film pertama Chow yang memakai tema ‘serius’ dan gelap. Dia duduk sebagai penulis skenario, sutradara, produser, sekaligus aktor utamanya. Dia berperan sebagai seorang koki seleb yang korup dan dia sebenarnya hanya punya sedikit pengetahuan tentang memasak. Dia memiliki sebuah bisnis kuliner besar dan mempermainkan harga setiap produk. Karena angkuh dan sok, dia dijuluki sebagai Dewa Masak dan tampil sebagai juri kompetisi memasak untuk membuat imejnya meningkat.

3. All’s Well, Ends Well 1997

All's Well, Ends Well 1997

Chow kembali tampil di film komedi, kali ini bersama Raymond Wong dan Francis Ng. Dia memerankan Kung, anak sulung yang manja dari tiga bersaudara. Dia tak punya pekerjaan, tak punya pendidikan yang baik, tapi dia punya banyak uang, banyak pacar, dan sebuah rumah yang bagus. Dua kakaknya, Leung dan Fei, mengerjainya di hari ulang tahunnya dengan memberi tiket lotre palsu berhadiah 30 juta dolar AS. Namun Kung justru terlibat dalam masalah keuangan yang lebih parah dan membuat dirinya berpura-pura menjadi orang sinting.

4. Lawyer Lawyer

Lawyer Lawyer

Di film komedi ini, Chow memerankan Chan Mong-Gut, seorang pengacara China yang terkenal. Dia harus membela rekannya, Foon (Eric Kot), yang dituduh melakukan pembunuhan di Hong Kong. Sebagai salah satu pengacara paling payah se-China, Mong-Gut harus berhadapan dengan sistem hukum Inggris tanpa punya bukti-bukti jelas. Tapi dia kemudian berhasil mengidentifikasi pelakunya melalui cara yang kocak.

5. The Lucky Guy

The Lucky Guy

Film komedi The Lucky Guy dibintangi Chow bersama Sammi Cheng, Daniel Chan, dan Shu Qi. Ceritanya berpusat pada kedai kopi “Lucky” yang terkenal karena kue tart telurnya yang lezat dan tehnya yang nikmat. Ho Kam Sui (Chow), seorang pelayan di sana yang dijuluki Pangeran Tart Telur, mampu menarik perhatian banyak wanita, namun dia hanya mencintai seorang gadis bernama Cindy. Di sisi lain, kedai kopi Sui terancam tutup karena si pemilik bangunan menaikkan harga sewa sangat tinggi.

6. The Tricky Master

The Tricky Master

Film komedi kriminal tentang perjudian ini diperankan Chow, Nick Cheung, Sandra Ng, Wong Jing, dan lainnya. Kisahnya, Leung Foon adalah seorang pria nyantai yang punya seorang cewek bernama Pizza. Sehari-hari Foon bekerja sebagai polisi yang diberi tugas penyamaran kecil-kecilan bersama atasannya yang dijuluki “Pria Sejuta Wajah.” Setelah salah satu tugas penyamarannya nyaris gagal, Foon merasa lelah dan meminta kasus yang lebih besar atau dia akan pensiun. Permintaan itu dikabulkan, Foon diberi tugas menyeret penipu ulung bernama Ferrari ke pangadilan.

7. King of Comedy

King of Comedy

Tak seperti film-film “Mo lei tau” ala Chow lainnya, King of Comedy lebih pada komedi drama yang menyorot jatuh bangunnya seorang aktor baru di industri hiburan sebelum dia menjadi bintang besar. Menurut sejumlah kalangan, film ini sebenarnya didasarkan pada kisah awal karir Chow sendiri sebagai seorang aktor temporer yang akhirnya menjadi superstar paling sukses dan populer selama lebih dari satu dekade. Bintang komedi laga Jackie Chan tampil sebagai cameo di film ini. Di samping Chow, ada nama Karen Mok, Ng Man-tat, dan Cecilia Cheung yang menjadi pemeran utamanya.

8. Shaolin Soccer

Shaolin Soccer

Film komedi sports kung fu ini menyapu banyak penghargaan di ajang Hong Kong Film Award, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Sutradara Pendatang Baru Terbaik, dan Aktor Terbaik. Di film ini Chow memerankan seorang master shaolin kung fu bernama Sing yang berusaha mempromosikan manfaat praktis dan spiritual dari seni bela diri pada masyarakat modern. Berbagai cara dilakukannya, namun tak ada yang berhasil sampai suatu hari dia bertemu “Golden Foot” Fung, mantan bintang sepak bola Hong Kong yang kini pincang.

9. Kung Fu Hustle

Kung Fu Hustle

Kung Fu Hustle disebut sebagai film tersukses Chow di sepanjang karirnya. Berbagai aktor laga terkenal dari era 70-an diundang tampil sebagai pemeran utama. Style kartun dan elemen musik tradisional China dianggap sebagai fitur paling mencolok dari film ini. Tak hanya menyabet banyak penghargaan, Kung Fu Hustle juga menjadi salah satu film luar negeri terlaris di Amerika Serikat. Film ini mengisahkan seorang berandalan dan pecundang jalanan bernama Sing yang sangat ingin masuk geng Kapak, geng paling ditakuti di Shanghai pada tahun 30-an.

10. CJ7

CJ7

Sejauh ini CJ7 menjadi film terakhir Chow karena setelah film ini dirilis pada tahun 2008, Chow tidak pernah bermain film lagi. Ini merupakan film komedi fiksi ilmiah yang dibintangi Chow bersama Xu Jiao dan Zhang Yuqi. Chow Ti adalah kuli bangunan miskin yang hidup di rumah reyot bersama putranya, Dicky. Ti bekerja keras agar putranya bisa mendapat pendidikan yang baik. Suatu malam Ti pergi ke tempat pembuangan sampah di mana dia biasa memulung sesuatu. Di sana dia menemukan sebuah bola hijau yang unik dan membawanya pulang. Dan keesokan harinya, bola hijau itu berubah menjadi sesosok alien yang lucu.

Be the first to comment

Komentarmu