7 Cara Aneh tapi Efektif dan Murah untuk Usir Nyamuk di Kamar

Usir Nyamuk

Nyamuk memang menyebalkan. Kadang nggak cuma gigitannya yang bikin gatal dan kadang menyakitkan, suaranya yang nguing-nguing pun annoying banget dan bikin risih. Kita biasanya akan berusaha membunuhnya dengan obat nyamuk berbagai merek dan bentuk, mulai dari yang jenis semprot, bakar, sampai elektrik. Kadangkala kita juga menyalakan kipas angin dengan harapan nyamuk-nyamuk itu minggat dari kamar. Kalau hopeless, ya kita tinggal pakai selimut erat-erat menutupi sekujur tubuh walau gerah, syukur-syukur sih kalau punya lotion anti nyamuk.

Usir Nyamuk

Nah tahukah kalian, sebenarnya ada beberapa cara mengusir nyamuk yang unik dan mudah untuk dilakukan.

1. Pajang tanaman lavender atau rosemary

Sebenarnya ada banyak jenis tanaman hias yang dibenci nyamuk, tapi untuk permulaan cobalah membeli tanaman lavender atau rosemary kecil. Harganya nggak sampai 20 ribu dan bisa sekaligus berfungsi sebagai penghias kamar.

2. Tebarkan serai

Serai atau sereh disukai manusia, tapi dibenci nyamuk. Ambil beberapa batang serai, potong kecil-kecil, dan tebarkan ke sudut-sudut kamar, di bawah kasur, di samping lemari, atau di area mana saja yang bisa dijadikan tempat nongkrong nyamuk. Menariknya, semakin kering seraimu semakin efektif dia mengusir nyamuk.

3. Pakai kulit jeruk

Mulai sekarang jangan buang kulit jeruk. Biarkan saja sampai mengering. Setelah itu taruhlah di spot-spot favorit nyamuk biar mereka semua minggat dan nggak berani balik lagi.

Baca Juga:  20 Foto Kelinci Anggora yang Lucu Bagai Boneka, Siapa Ingin Pelihara?

4. Pakai lilin aromaterapi lavender

Sudah disebutkan di atas bahwa lavender ampuh untuk membuat nyamuk kabur. Kalau kamu enggan membeli tanamannya, pakai saja lilin aromaterapinya. Selain membuat kamu merasa rileks dan nyaman, aroma lilin ini lebih enak daripada aroma obat nyamuk bakar atau elektrik yang menyengat.

5. Semprotkan kayu putih

Cara paling simpel sebenarnya adalah mengoleskan minyak kayu putih di lengan, leher, kaki, dan area kulit lainnya yang terbuka. Tapi kamu juga bisa mencampurkannya dengan air dan menyemprotkannya ke ruangan. Nyamuk amat tak suka aroma ini.

6. Pakai kemangi

Kemangi biasanya ada dalam makanan seperti lalapan. Daun wangi ini bisa jadi pengusir nyamuk lho. Cara pemakaiannya bukan disebar, tapi dioleskan ke kulit yang terbuka. Entah kenapa ya nyamuk selalu benci bau-bau yang wangi.

7. Bawang putih

Yang satu ini mungkin agak kurang mengenakkan. Aroma bawang putih yang sangat menyengat ini ampuh untuk mengusir nyamuk. Caranya cukup kamu makan secukupnya atau sedoyannya. Nanti secara alami tubuhmu akan mengeluarkan aroma bawang putih yang hanya bisa dicium nyamuk. Mereka akan terbang jauh bila mencium bau itu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*