7 Sisi Buruk Menjadi Orang Ambisius, Ambisi Jangan Berlebihan ya!

Wanita Ambisius

Dalam hidup kita perlu ambisi untuk bisa terus mengejar apa yang kita inginkan dalam hidup. Dengan ambisi seseorang takkan muda patah arang dan menyerah manakala rintangan sudah melintang di depan mata. Namun yang perlu diketahui, ambisi harus ada dalam kadar yang wajar. Terlalu ambisius malah berakibat tidak baik dan bahkan kontra-produktif lho.

Wanita Ambisius

Apa saja sih kekurangan overambitious? Simak bersama yuk!

1. Tak punya waktu untuk diri sendiri

Kamu nggak punya me time, nggak bisa menikmati waktumu karena terus dikejar oleh ambisimu sendiri tanpa ampun. Tuntutan pekerjaan terus datang dan menganggu pikiran. Lalu kapan kamu bisa menikmati hidup?

2. Tak pernah bisa bersyukur

Ambisi yang berlebih akan menuntun seseorang untuk memasang target tinggi dan mengabaikan hal lain seperti apa yang sudah dia punya atau apa yang sudah dia dapat. Dia tak bisa mensyukuri semua itu karena dibutakan nafsu ambisi.

3. Menjadi perhitungan

Ambisi juga membuat seseorang lebih self-centered dan hanya fokus pada diri sendiri. Untuk apa memikirkan orang lain kalau itu tak berdampak pada kesuksesanmu? Semua akan dihitung secara untung-rugi!

4. Lupa teman dan keluarga

Orang Ambisius

Tak hanya pada diri sendiri, orang ambisius juga perlahan meninggalkan atau ditinggalkan teman dan keluarga mereka. Ambisi berlebihan membuat orang di sekeliling jengah dan mudah menyulut konflik. Kamu harus tetap bisa memprioritaskan keluarga dan teman meski punya ambisi besar.

Baca Juga:  6 Tips Penting Bagi Mahasiswa yang Suka Kehidupan Organisasi

5. Lebih mementingkan hasil daripada proses

Ketika dikejar ambisi, seseorang akan melakukan proses panjang untuk mendapatkan hasil. Namun sayangnya banyak dari mereka yang justru tidak menikmati dan tidak mementingkan proses yang sebenarnya lebih penting. Ketika hasil didapatkan, rasa puas akan segera lenyap.

6. Mengabaikan kesehatan

Sisi buruk lainnya adalah sering mengabaikan kesehatan. Kamu akan kerja siang malam demi bisa mewujudkan apapun yang kamu kejar. Ini tentu saja nggak baik untuk kesehatan. Pikirkan jangka panjang, buat apa sukses kalau kamu sendiri hancur?

7. Devil-May-Care!

Dan ambisi berlebihan pada akhirnya tak hanya akan membuatmu tak punya waktu untuk diri sendiri, keluarga, ataupun teman, tapi juga lupa pada dunia sekelilingnya. Semua orang akan menjauh karena khawatir mengganggumu. Kamu lambat laun akan jadi orang yang antisosial dan hanya berinteraksi secara transaksional. Batin akan mengering dan di akhir kamu akan sadar betapa banyak yang sudah hilang dari hidupmu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*