6 Tips Penting Bagi Mahasiswa yang Suka Kehidupan Organisasi

Mahasiswa

Kampus memiliki berbagai organisasi, mulai dari Badan Eksekutif dan Badan Legislatif Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Jurusan, organisasi berbasis minat, dan sebagainya. Kehidupan berorganisasi di kampus bisa dijalankan dengan baik bila seorang mahasiswa mengerti apa fungsi dan tugasnya serta apa manfaatnya untuk dirinya sendiri.

Mahasiswa

Nah sebelum terjun memilih mau gabung organisasi apa, baca dulu tips-tips berikut ini yuk!

1. Kenali organisasi yang ingin kamu pilih

Memilih organisasi sesuai keinginan memang mudah, tapi mengenali karakter dan struktur organisasi itu? Tunggu dulu, inilah yang kamu musti paham. Visi dan misi setiap organisasi berbeda, struktur kepengurusannya pun tak sama. Kamu harus paham itu semua sebelum memilih sebuah organisasi.

2. Pahami hirarki dan gaya kepemimpinan

Organisasi kampus selalu punya hirarki, dari anggota sampai ketua. Kamu harus tahu apa tugas, hak, dan kewajiban masing-masing. Setiap pengurus punya gaya dan sifat yang beda, kamu harus bisa memahami dan menerima itu agar kamu di sana disukai semua orang.

3. Kenali tugas masing-masing

Dari member sampai ketua semua punya tugas, nah kenali dan pelajari tugasmu terlebih dahulu. Jangan sampai kamu di sana nggak ngerti apa-apa dan malah jadi beban untuk organisasi. Pelajari juga alur komunikasi vertikal dan horizontal di sana.

4. Memupuk solidaritas

Ketika kamu sudah masuk organisasi, maka ego harus dibuang jauh. Di dalam rrganisasi kamu bukan ‘saya’ lagi, melainkan ‘kita.’ Jadi tingkah laku dan pemikiranmu harus didedikasikan untuk kebaikan organisasi, bukan menuruti kemauanmu sendiri.

Baca Juga:  33 Contoh Gambar Sketsa Wajah dengan Pensil Paling Bagus

5. Tetap profesional

Dalam berorganisasi apapun, profesionalitas harus ada. Pisahkan antara kehidupan pribadi dengan organisasi. Organisasi harus bisa dipakai sebagai alat memperbanyak teman, bukan malah meretakkan pertemanan apalagi mencari musuh. Andaikata ada konflik, kamu tetap harus bersikap tenang demi kebaikan bersama.

6. Jangan lupakan kuliahmu!

Dan ini yang paling penting. Bagaimana pun kamu adalah seorang mahasiswa yang punya tugas belajar sesuai jurusanmu. Maka itu adalah tugas utamamu. Jangan sampai aktivitas organisasi yang padat dari rapat sampai outbond terlalu menganggu kegiatan belajarmu. Kamu harus pandai membagi waktu antara berkuliah dan berorganisasi agar semuanya berjalan baik, lancar, dan tidak saling menganggu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*