15 Drama Korea Bertemakan Penyakit dan Gangguan Medis

Penyakit Niemann-Pick (NPD, penyakit turunan di mana substansi berlemak yang disebut lipid menimbun di sel-sel limpa, hati, dan otak.

11. Oh My Geum Bi

Oh My Geum Bi

Geum-bi yang baru berusia 10 tahun menderita penyakit Niemann-Pick. Penyakitnya itu kian memburuk dan dia juga mengalami penurunan ingatan. Dia tak bisa mengenali ayahnya atau orang lain lagi. Dalam perkembangannya, dia menjadi tidak bisa berjalan dan pada akhirnya dia terpaksa duduk di kursi roda. Namun dalam drama ini ada sebuah terapi yang diceritakan, yang berguna untuk memperlambat perkembangan penyakit yang tak bisa disembuhkan ini.

Savant Syndrome (Kondisi di mana penderitanya bisa memiliki kemampuan atau kapasitas tertentu melebihi apa yang dianggap normal, namun juga mengalami defisit signifikan di area lain dalam pemrosesan otak)

12. Good Doctor

Good Doctor

Dalam Good Doctor, karakter utama pria Park Shi-on (Joo Won) menderita savant syndrome dan dia memiliki banyak pengetahuan tentang dunia medis. Namun karena kondisi mental dan emosionalnya yang tak lazim, dia sering mendapat masalah dengan teman-teman dokternya dan para pasien. Mereka memandang Shi-on sebagai orang yang kekanak-kanakan dan tak bisa diandalkan sebagai dokter. Tapi Shi-on terus berusaha memperbaiki dirinya.

13. Shining Inheritance

Shining Inheritance

Karakter Go Eun-woo yang diperankan Yeon Joon-seok adalah adik dari Go Eun-sung (Han Hyo-joo) yang menderita autisme. Namun dia tampaknya juga mengidap savant syndrome karena dia jenius dalam bermain piano dan itu menjadi sesuatu yang bisa menenangkannya dalam situasi-situasi sulit. Eun-woo tidak suka kontak fisik dan bertemu orang-orang yang tak familiar dengannya, tapi dia juga punya daya ingat yang sangat bagus.

Baca Juga:  Nama dan Foto Pemain Utama Film 12 Strong (2018)

Tourette Syndrome (Gangguan neurologis yang membuat penderitanya mengeluarkan ucapan atau gerakan yang di luar kendali)

14. It’s Okay It’s Love

It's Okay It's Love

Drama It’s Okay It’s Love juga menghadirkan tema tourette syndrome dalam diri Park Soo-kwang (Lee Kwang-soo). Gerakan dan ekspresi wajah spontannya semakin memburuk, salah satu penyebabnya adalah karena perlakuan buruk ayahnya padanya. Dia tak bisa menjalani hidup dengan baik karena orang-orang menghindarinya. Tapi orang-orang yang dekat dengannya dan gadis yang dicintainya bisa menerimanya.

Antisocial Personality Disorder (Gangguan mental di mana penderitanya memiliki kecenderungan untuk memanipulasi, mengeksploitasi, dan mencederai hak-hak orang lain)

15. A Beautiful Mind

A Beautiful Mind

Dalam A Beautiful Mind, karakter utama Lee Young-oh (Jang Hyuk) adalah ahli bedah saraf brilian yang tak punya rasa simpati dan empati pada orang lain. Ini bermula ketika saat masih kecil dia dioperasi dan dokter yang menanganinya melakukan malpraktek. Setelah kejadian itu, sesuatu dalam otak Young-oh menjadi rusak dan dia kesulitan memahami ekspresi wajah, emosi, serta perasaan orang lain.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*