10 Wisata Perkebunan Kopi Terbaik di Indonesia

Perkebunan-Kopi-Wamena

Pernahkah kamu terpikir untuk berwisata kopi alias mengunjungi tempat-tempat budidaya kopi di Indonesia? Di sana kamu tak hanya bisa menikmati kopi nikmat, tapi juga bisa melihat langsung bagaimana tanaman kopi dibudidayakan, dipanen, hingga diolah. Well khusus buat kamu yang kecanduan kopi atau sekedar ingin jalan-jalan ke tempat unik, tak ada salahnya kamu melancong ke tempat-tempat berikut ini.

1. Lampung

Perkebunan Kopi Gunung Tanggamus

Sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia, Lampung wajib ada dalam listmu. Perkebunan kopi di sini digalakkan secara masif. Untuk wilayah Kabupaten Lampung Barat saja kopi dibudidayakan di lahan seluas 59 hektar. Nah lebih spesifiknya, kamu bisa mengunjungi sentra-sentra kopi seperti Desa Karangrejo di kawasan Gunung Tanggamus yang asri dan pastinya ‘kopi banget’! Kalau dari Bandar Lampung, kamu butuh waktu empat jam untuk mencapai tempat ini.

2. Aceh

Perkebunan Kopi Aceh

Di ujung Indonesia, Aceh berdiri dengan produk kopinya yang sudah kondang. Kabarnya, produksi kopi terbesar di Asia Tenggara ada di daerah Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah. Di atas lahan seluas 95 ribu hektar, petani kopi di sini bisa menghasilkan kopi hingga sekian ton per tahun. Ada banyak sekali kebun kopi di provinsi satu ini. Nah kalau sudah di sini kamu wajib mencicipi kopi Arabica Gayo yang sudah masyhur di Eropa.

3. Sumatera Utara

Perkebunan Kopi Sumatera Utara

Masih di utara Sumatera, cobalah datangi ibukota Kabupaten Dairi, Sidikalang, yang berada di barat laut Sumatera Utara. Di sini kopi dibudidayakan secara luas. Lahan yang subur ini berada 1.066 di atas permukaan laut. Kualitas kopinya bisa disejajarkan dengan kopi-kopi luar seperti dari Brasil. Andalan Sidikalang adalah kopi robustanya yang sangat kuat dan bisa bikin orang melek sampai pagi.

Baca Juga:  Wisata Gunung Merbabu: Manjakan Mata di Ketinggian 3.142 Mdpl

4. Wamena

Perkebunan-Kopi-Wamena

Meloncat ke tanah Papua, ada Lembah Baliem di Wamena yang dikenal sebagai daerah produsen kopi berkualitas. Di sini kamu tak hanya bisa ngopi, tapi juga bisa menikmati kemegahan Pegunungan Jayawijaya. Petani di sini memproduksi kopi Arabika unik yang rasanya tak terlalu pahit namun sangat kuat. Kopi Wamena ini adalah salah satu yang terbaik di Indonesia lho.

5. Bondowoso

Perkebunan Kopi Bondowoso

Produksi kopi di Jawa Timur mengandalkan Kalisat, Bondowoso, yang tempatnya tak jauh dari Kawah Ijen. Kebun-kebun kopi di sini dikelola negara atau Perhutani, berbeda dengan kebun-kebun kopi di Sumatera yang dikelola perorangan. Dibudidayakan di lahan seluas 4.000 hektar dengan ketinggian 900 mdpl, kopi Arabica ala Bondowoso ini punya rasa yang premium dan layak dijadikan oleh-oleh.

6. Garut

Perkebunan Kopi Garut

Pernah dengar istilah Java Preanger? Istilah itu berarti “Kopi Priangan” yang merujuk pada kopi khas Jawa Barat yang sudah kondang selama berabad-abad lamanya. Pemerintah Belanda memang dulu memfokuskan produksi kopi di wilayah ini. Tak hanya di Garut, kopi Priangan juga dihasilkan di beberapa daerah lain seperti Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Sumedang, dan lainnya.

7. Sulawesi Selatan

Perkebunan Kopi Sulawesi Selatan

Pecinta kopi pasti pernah mendengar dan bahkan mungkin pernah merasakan kenikmatan kopi Toraja yang dianggap sebagai salah satu kopi terbaik di Indonesia. Di daerah Sulawesi Selatan kopi Toraja dikembangkan dalam skala besar yang juga menjadi daya tarik pariwisata internasional. Nuansa etnik dengan harum kopi yang menyengat akan membuatmu betah berada di kebun-kebun kopi Sulsel.

Baca Juga:  3 Destinasi Pantai di Gunung Kidul yang Indah dan Instagrammable

8. Flores

Perkebunan Kopi Flores

Andalan Indonesia lainnya adalah kopi AFB (Arabica from Bajawa) yang sudah diakui dunia. Berasal dari dataran tinggi Ngada di pulau Flores, kopi ala Flores ini dibudidayakan secara turun temurun dan tetap terjaga kualitasnya. Budidayanya tradisional, menggunakan pupuk organik, dan tak menggunakan pestisida. Pantas saja hasilnya istimewa.

9. Kintamani

Perkebunan Kopi Kintamani

Bali bukan cuma pantai dan puri, datang yuk ke Bangli, Kintamani, di mana kamu bisa melihat proses pemanenan dan pengolahan kopi. Yang membuat tempat ini kondang adalah produknya yang sangat terkenal, kopi Bali serta kopi Luwak, kopi termahal di dunia. Kopi diolah secara tradisional dengan mempertahankan cita rasa tingginya. Hebatnya lagi, di sini kopi juga diolah menjadi aromaterapi dan bahan kosmetik.

10. Ambarawa

Perkebunan Kopi Ambarawa

Oke terakhir kita mampir ke Ambarawa, tepatnya ke Kampung Kopi Banaran. Di kawasan agrowisata yang kekinian ini kamu bisa belajar banyak tentang kopi sambil menikmati udara yang bersih nan sejuk. Fasilitasnya bisa dibilang yang paling lengkap dibanding tempat wisata kopi lainnya. Kopi khas Jawa Tengah bisa kamu nikmati langsung dari pusatnya, yaitu di Ambarawa!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*