10 Fakta yang Wajib Kalian Tahu Tentang Supergrup BTS

Boyband BTS (Bangtan Boys) yang didebutkan Big Hit Entertainment pada 2013 silam kini sudah menyandang status sebagai supergrup K-Pop. Mereka dilahirkan dari agensi kecil, namun kini menjelma menjadi satu kekuatan besar dan berpengaruh di dunia musik pop Korea. Berbagai rekor telah mereka pecahkan. Sepak terjang BTS juga telah menjadi sorotan dunia internasional. Mereka sukses masuk Billboard 200 dan bahkan memenangkan penghargaan Top Social Artist Award dari Billboard Music Awards.

Foto Keren BTS

Nah inilah sepuluh hal yang wajib kalian tahu tentang mereka.

1. Arti BTS

BTS memiliki arti asli “Bangtan Sonyeondan” yang artinya “Bulletproof Boy Scouts” atau dalam bahasa Indonesia berarti “cowok anti peluru.” Mereka mempertahankan arti nama dalam bahasa Inggris ini untuk menjangkau fans internasional.

2. Tujuh member berbakat

Foto Cool BTS

Boyband Amerika pada umumnya memiliki lima orang member, tapi di Korea Selatan ada lebih banyak member, dan tujuh member tergolong normal. BTS terdiri atas trio rapper RM (Rap Monster), Suga, dan J-Hope serta kuartet vokalis Jin, Jungkook, Jimin, dan V. Dari tujuh member itu, hanya dua yang memakai nama asli alias bukan nama panggung atau nama singkatan, yaitu Jimin dan Jungkook.

3. Mereka memproduksi musik sendiri

Kelebihan yang paling menonjol dari BTS adalah kemampuan mereka dalam memproduksi musik sendiri, hal yang jarang terjadi di pentas K-Pop. Tujuh member memiliki andil masing-masing dalam mengaransemen musik, menulis lirik, dan memproduksi lagu. Terkadang mereka juga menggandeng produser lain seperti Pdogg dan Slow Rabbit.

4. Mereka suka trilogi

Di samping album-album full-length (dan tiga album studio Jepang), BTS sudah merilis dua trilogi, yaitu trilogi School yang terdiri atas 2 Cool 4 Skool, O!RUL8,2?, dan Skool Luv Affair, serta trilogi The Most Beautiful Moment In Life.

5. Mereka mempelajari dasar-dasar hip hop

Hip hop memegang peranan penting dalam industri musik Korea sejak era 90-an. Sebagai boyband generasi baru, BTS tidak hanya menjadi penerus genre hip hop, tapi juga memberi kontribusi signifikan lewat adopsi masif mereka. Member RM dan Suga bahkan dulunya berkiprah di panggung hip hop underground.

Ketika debut, BTS mendapatkan kritikan karena dianggap mengabaikan nilai-nilai kultural. Mereka kemudian dikirim ke Amerika Serikat untuk mempelajari sejarah hip hop secara singkat. Para member dibantu oleh sejumlah musisi hip hop berpengaruh seperti Coolio dan Warran G. Warran G bahkan kemudian merekam lagu “P.D.D” dengan RM.

6. RM dan Suga bukan penyanyi K-Pop biasa

Grup-grup K-Pop sering dituntut untuk bermain aman. BTS sebaliknya, mereka berani mendobrak tabu untuk menyuarakan kritikan sosial lewat musik K-Pop. RM dan Suga sama-sama merilis mixtape pribadi di mana mereka bebas berekspresi dan mengutarakan pikiran. Mixtape Suga menyentuh tema depresi yang menjadi antitesis dari gagasan tentang seorang idol yang hidupnya glamor dan hedonis.

7. Bersahabat dengan fans

Foto Terbaru BTS

BTS sering bepergian ke luar negeri untuk konser dan mereka selalu berkomunikasi dengan fans dari seluruh belahan dunia. Mereka berupaya menghibur fans tidak hanya dengan postingan rutin di Twitter, tapi juga merilis banyak sekali broadcast dari berbagai aplikasi dan seringkali diberi subtitle bahasa Inggris.

8. Fandom ARMY

Berkat interaksi itu, fandom BTS tumbuh dengan cepat dan menjadi salah satu fandom terbesar di K-Pop. Kekuatan fans ini terasa ketika BTS mampu mengukir pencapaian membanggakan di chart Billboard dan menorehkan rekor view MV yang mengagumkan di YouTube.

9. Punya emoji sendiri di Twitter

Karena aktivitas tinggi mereka di Twitter dan penghargaan Golden Tweet yang mereka terima di tahun 2015, BTS menjadi boyband K-Pop pertama yang memiliki emoji sendiri di Twitter. Emoji ini dibuat untuk mengetahui domisili ARMY di seluruh dunia. Dan ARMY terbesar datang dari tiga negara, yaitu Brazil, Turki, serta Rusia.

10. Kontribusi pada sejarah K-Pop

Dengan rilisan karya-karya terbaru, BTS menjadi semakin besar dan tangguh. Album Wings terbukti mampu mencatatkan posisi tertinggi di banyak chart musik hingga albumnya laku keras dan melonjak ke posisi tinggi di Billboard 200, paling tinggi dibandingkan performer K-Pop lainnya. BTS adalah boyband K-Pop pertama yang tidak berasal dari The Big Three yang sukses mencatatkan prestasi sekeren itu.

Be the first to comment

Komentarmu